Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
Damon Albarn Vs Taylor Swift: Siapa yang Menang, Nih?
  • By : admin
  • 2022-01-25

Damon Albarn Vs Taylor Swift: Siapa yang Menang, Nih?

Bicaramusik.id - “If a man talks sh*t then I owe him nothing!”  Lirik lagu iconic “I Did Something Bad” di atas rasanya bisa dianggap sebagai motto hidup Taylor Swift. Penyanyi berusia 32 tahun ini langsung merespons ungkapan Damon Albarn tentang dirinya di hasil wawancara dengan Los Angeles Times. Pentolan grup musik Britpop legendaris Blur dan Gorillaz ini mengatakan bahwa Taylor Swift tidak menulis lagu-lagunya sendiri dan menganggap bahwa co-writing berbeda dari writing. A really interesting songwriter is Billie Eilish and her brother. I’m more attracted to that than to Taylor Swift. It’s just darker — less endlessly upbeat. ” (“Penulis lagu yang menarik itu contohnya Billie Eilish dan kakaknya. Saya lebih tertarik dengan hal itu daripada dengan Taylor Swift. Rasanya lebih gelap kurang upbeat.”) Nyatanya, perkataan dari penyanyi asal Inggris itu tidak benar. Taylor Swift langsung mengungkapkan kekesalannya di Twitter. “@DamonAlbarn I was such a big fan of yours until I saw this. I write ALL of my own songs. Your hot take is completely false and SO damaging. You don’t have to like my songs but it’s really f*cked up to try and discredit my writing. WOW.” (“@DamonAlbarn Sebelum melihat ini saya tadinya penggemar berat Anda. Saya menulis SEMUA lagu-lagu saya. Komentar Anda sangat salah dan SANGAT merusak. Anda tidak perlu menyukai semua lagu-lagu saya tapi rasanya sangat kacau untuk mencoba dan meragukan karya saya. WOW.”) Di akhir Tweet-nya, Taylor Swift pun menambahkan sedikit gurauan dengan mengatakan bahwa Tweet tersebut ditulis oleh dirinya sendiri.

Dahulu, Taylor Swift ternyata memang menyukai Damon Albarn sebagai musisi. Menurut artikel USA Today, “Feel Good Inc.” dari Gorillaz  menjadi salah satu lagu yang disukai Taylor Swift pada tahun 2008. Selain itu, kedua musisi ini ternyata merilis album di hari yang sama. Pada tanggal 12 November 2021, Taylor Swift merilis Red (Taylor's Version) dan Damon Albarn hadir dengan album solo keduanya yang berjudul The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows. Damon Albarn pun merasa bersalah atas apa yang ia sampaikan dan akhirnya meminta maaf. Walaupun ia tidak menggunakan media sosial, kali ini ia memutuskan untuk menulis langsung lewat akun Twitter yang biasanya dijalankan oleh tim manajemennya. “I totally agree with you. i had a conversation about songwriting and sadly it was reduced to clickbait. I apologise unreservedly and unconditionally. The last thing I would want to do is discredit your songwriting. I hope you understand. - Damon”. (“Saya benar-benar setuju dengan Anda. Saya berbincang tentang penulisan lagu dan sedihnya perbincangan itu dipotong menjadi umpan klik. Saya meminta maaf dengan terus terang dan tanpa syarat. Hal terakhir yang ingin saya lakukan adalah meragukan penulisan lagu Anda. Saya harap Anda mengerti. - Damon”. 

Menyukai karya-karya Taylor Swift, beberapa musisi pun ikut membela penyanyi asal Amerika Serikat ini. Aaron Dessner mengganggap bahwa ucapan Damon Albarn sangat jauh dari kenyataan. Anggota grup musik The National sekaligus kolaborator Taylor Swift di album evermore ini menulis komentarnya di Twitter.

Selanjutnya, Jack Antonoff, teman dekat sekaligus kolaborator sejati Taylor Swift, ikut menyindir Damon Albarn.

Liam Gallagher pun menyatakan bahwa Taylor Swift adalah seorang penulis lagu yang baik. Ia adalah mantan vokalis grup musik Oasis yang sempat eksis di tahun 1990-an bersama Blur.

Sadar akan kesalahan Damon Albarn, para penggemarnya justru menertawakan idola mereka sendiri.

Woo-hoo! Rasanya #TeamSwift lebih unggul dari #TeamAlbarn, nih! Kalau mau baca berita terbaru lainnya, cek website Bicara Musik, yuk! Ssst, siapa tahu ada profil musisi favoritmu juga, lho.

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA