Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
Vidi Aldiano Kemas Kembali "Zamrud Khatulistiwa"
  • By : Bicara Musik
  • 2020-08-07

Vidi Aldiano Kemas Kembali "Zamrud Khatulistiwa"

Bicaramusik.id – Musisi Vidi Aldiano dikabarkan mengemas kembali lagu hits "Zamrud Khatulistiwa" yang dipopulerkan oleh almarhum Chrisye. Pada Jumat (31/7) lalu, lagu karya Guruh Sukarno Putra yang dirilis tahun 1996 itu pun dirilis ulang oleh Vidi Aldiano. Lagu tersebut merupakan hasil remake dengan tambahan sentuhan modern namun tetap autentik. Sejak terciptanya, lagu "Zamrud Khatulistiwa" pun sudah sukses menggambarkan ketakjuban dari negeri Indonesia. Mulai dari keindahan alam – laut, pantai, hutan, pegunungan – hingga keberagaman budaya dan adat. Bagi Vidi Aldiano, lagu ini memiliki makna yang luar biasa, khususnya mengenai perbedaan. Tentang menghargai keberagaman satu sama lain, toleransi. Ujarnya, "(Lagu ini) adalah sumber kekuatan bagi Indonesia, bukan justru sumber perpecahan. Lagu ini juga bisa menyatukan masyarakat dengan berbagai latar belakang di golongan manapun bagi bangsa Indonesia." Pembuatan lagu ini dibantu oleh seorang produser Jevin Julian. Menurut Vidi Aldiano, meski keduanya sudah saling familiar dengan lagu itu, namun proses mendaur ulang suatu lagu tetap menjadi tantangan besar. "Bagaimana kami memadukan warna vokalku ke dalam lagu itu, tanpa menghilangkan esensi aslinya. Itu jadi tantangan bagi kami," kata Vidi. Terutama, lagu tersebut adalah lagu legendaris "Zamrud Khatulistiwa". Dalam remake-nya, mereka membuat lagu yang dikenal fun ini menjadi lebih colorful. Identitas musik Jevin Julian juga ikut disematkan ke dalamnya dengan menghadirkan bass yang upbeat sehingga lagu ini terdengar lebih semangat. Terlebih lagi, ada vokal tambahan yang diisi oleh Maizura dengan warna yang berbeda. Hal ini memberikan tekstur tambahan pada vokal serta melengkapi komposisi musik ini. https://youtu.be/C1uGgHhLCSk
Video musik untuk lagu ini pun dibuat dengan menarik, yaitu dengan perpaduan nuansa tradisional den unsur modern. Menurut Vidi Aldiano, sosok seorang Guruh Sukarno Putra juga sangatlah istimewa. "Pernah aku terlibat dalam salah satu pagelaran beliau, dan itu merupakan pengalaman terbaik yang tidak terlupakan," kenang pelantun "Nuansa Bening" ini. Ia adalah seorang living legend baginya. Semua karya Guruh dihasilkan dengan sentuhan yang luar biasa.
Sebelumnya, Vidi Aldiano sempat meluncurkan single Bertahan Lewati Senja” pada bulan Mei lalu. Lagu itu adalah karya pertamanya setelah berjuang melewati penyakit kanker ginjal. Saat ini, "Zamrud Khatulistiwa" sudah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital juga di kanal YouTube Musica Studios.
Untuk tetap up-to-date dengan berita musik, yuk simak terus media sosial dan situs Bicara Musik!
Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA