Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
4 Band Indonesia dengan Personel Semuanya Perempuan
  • By : admin
  • 2022-05-25

4 Band Indonesia dengan Personel Semuanya Perempuan

Bicaramusik.id - Berbicara band dengan vokalis perempuan, pasti dipikiran kita akan terbersit nama Cokelat, Kotak, The Groove, atau di luar negeri seperti The Corrs maupun The Cranberries. Semuanya benar, mengingat frontman-nya (atau lebih tepat frontwoman) memang diperkuat oleh perempuan. Jika diminta mengingat siapa, sih, band dengan semua personelnya perempuan? Sepertinya kita akan ramai-ramai menyebut Dara Puspita, bukan.

Yap, band asal Surabaya yang digawangi oleh Titiek Adji Rachman pada gitar melodi, Lies Soetisnowati Adji Rachman di posisi bas, Susy Nander penabuh drum, dan Ani Kusuma di posisi gitar pengiring. Satu mantan anggotanya adalah Titik Hamzah yang sampai hari ini masih eksis di belantika musik Indonesia.

Dara Puspita memainkan alat-alat musik yang saat itu awamnya dimainkan oleh para pria, sehingga mereka cepat menarik perhatian masyarakat. Bahkan kepopulerannya hingga ke Eropa dan beberapa daratan Asia pada dekade 1960-an sampai awal 1970-an.

Setelah Dara Puspita menyatakan rehat di dekade "70-an, hampir tidak ditemukan lagi band serupa yang berkilau. Kebanyakan diramu menjadi grup vokal seperti Nasution Sister, Noor Bersaudara, Be3, atau Rida Sita Dewi yang ngetren di era 1970-an hingga 2000-an. Kemudian di era 2010-an, muncul grup perempuan yang disebut girlband atau idolband yang mengadopsi ekosistem showbiz dari Jepang dan Korea. Berikut ini Bicara Musik jabarkan empat band Indonesia dengan semua personelnya diisi oleh perempuan dan masik eksis.

1. NonaRia

NonaRia dibentuk tahun 2012, yang digawangi oleh Nessia Ardi pada vokal dan drum snare, Nanin Wardhani pada akordeon dan piano, dan Rieke Astari di posisi akordeon. Tahun 2014 Rieke memutuskan keluar, dan digantikan dengan Yashinta di tahun 2016. Tahun 2018 NonaRia mengeluarkan album pertamanya bertajuk Eponim. Sejak kemunculannya, NonaRia memainkan musik berirama jaz tempo dulu, yang dipadukan dengan sentuhan bergaya lenso khas "50-an.

https://youtu.be/cJC2DhAP_8U

2. Fleur!

Fleur! awalnya dibentuk untuk memperingati Dara Puspita dengan nama Flower Girls. Band yang dikomandoi oleh Tanya di posisi gitar dan vokal, Tika di posisi drum vokal, dan Yuyi mengisi bas juga vokal ini, juga memainkan irama rock & roll. Tahun 2020, mereka resmi menjadi band perempuan yang membawakan karya-karyanya sendiri.

https://youtu.be/n7GuzwwWdy4

3. Voice of Baceprot

Voice of Baceprot dibentuk tahun 2014 di kota Garut, Jawa Barat. Band ini diisi oleh Firda Marsya Kurnia di vokal dan gitar, Widi Rahmawati di bass, dan Euis Siti Aisyah pada drum. Tahun 2021 lalu, VoB melancarkan tur Eropa mereka ke Belgia, Belanda, Perancis, dan Swiss, membawakan musik metal yang mereka usung.

https://youtu.be/WPVo_QyS0Hw

4. The Dare

The Dare merupakan kuartet pop yang dimainkan oleh Riri di vokal dan gitar, Desita mengisi drum, Meigali pada bas, dan Yollanang di posisi gitar. Band yang terbentuk tahun 2018 ini akan segera melakukan tur pulau Jawa pertamanya tahun 2022. Tur yang bertajuk Javakensi ini akan digelar di beberapa kota di pulau Jawa seperti Magelang, Surabaya, Sukoharjo, Semarang, Jakarta, Bandung, dan beberapa kota liannya.

https://youtu.be/Xj7GSQjXYqw

Itulah empat band yang semua personelnya merupakan perempuan. Keempat band ini masih eksis bahkan sedang semarak-semaraknya di belantika musik Indonesia.

Penulis: Mozza Mahardhika

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA