Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
10 Rekomendasi Lagu Fall Out Boy dari Zaman Pra dan Pascahiatus
  • By : admin
  • 2022-02-07

10 Rekomendasi Lagu Fall Out Boy dari Zaman Pra dan Pascahiatus

Bicaramusik.id - Welcome, it’s here! Mungkin kalian sudah kenal dengan grup musik andalan Chicago ini. Yup, Fall Out Boy adalah kuartet yang terdiri atas Patrick Stump (vokal, gitar) Pete Wentz (bas), Joe Trohman (gitar), dan Andy Hurley (drum). Mereka merilis album pertama Take This to Your Grave pada 2003. Setelah enam tahun lamanya, pada November 2009 mereka pun memutuskan untuk hiatus. Kabar tersebut tentunya membuat para fans sejati mereka patah hati. Namun, bagaikan kejatuhan bulan, pada awal 2013 berita yang diharapkan pun datang. Berita ini diawali dari rumor yang mengatakan bahwa Fall Out Boy akan melakukan reuni. Sayangnya, pada 2 Februari 2013, Pete Wentz membantah rumor tersebut lewat The Chicago Tribune. Ia mengatakan, “I’d say… don’t hold your breath that it’s happening.” (“Jangan berharap hal itu terjadi.”). Lucunya, hanya berselang satu hari, pada 4 Februari 2013 Fall Out Boy justru merilis lagu baru yang berjudul “My Songs Know What You Did In The Dark (Light Em Up)”. Dari situlah Fall Out Boy resmi balikan dan nge-band sampai detik ini. Keren banget gimmick-nya! Sudah sembilan tahun lamanya semenjak Fall Out Boy reuni. Tiga album studio telah dirilis dan berbagai tur telah dilakukan di berbagai negara. Untuk merayakan anniversary reuni Fall Out Boy, bagaimana kalau kita bahas lagu-lagu mereka yang paling asyik? Cek 10 rekomendasi lagu Fall Out Boy dari Bicara Musik ini, yuk!

1. Saturday Lagu ini ada di album pertama Fall Out Boy, yaitu Take This to Your Grave. Bisa dibilang, “Saturday” adalah salah satu lagu Fall Out Boy yang paling penting. Mereka selalu memasukkan lagu ini ke setlist konser mereka. Setiap konser mereka selalu ditutup dengan "Saturday". Saat lagu ini dimainkan, Pete Wentz kerap kali melakukan “ritual” di mana ia turun dari panggung dan menghampiri para penonton. Di lagu ini, kita juga bisa mendengar Patrick Stump bernyanyi, “Me and Pete, in the wake of Saturday…” Cool banget!

2. Sugar, We’re Goin Down Nah, ini baru national anthem-nya anak emo (emo banget enggak tuh…). “Sugar, We’re Goin Down” menjadi single pertama dari album kedua Fall Out Boy, yaitu From Under The Cork Tree. Lagu ini bisa dibilang lagu yang membuat Fall Out Boy naik daun saat itu. Bahkan, Taylor Swift pernah menampilkan cover lagu ini saat ia konser. Pete Wentz mengaku bahwa ia terinspirasi dari lagu-lagu lawas yang selalu menggunakan kata “sugar” dan “honey” di liriknya.

3. Thriller Lagu selanjutnya sweet banget, nih. Gimana enggak sweet, soalnya lagu ini bisa dibilang love letter dari Fall Out Boy untuk fans mereka. Kali ini, mereka kolaborasi bersama rapper asal New York, yaitu Jay-Z. Di awal lagu, kita bisa mendengar Jay-Z yang mengatakan, “To the fans that held jus down till everybody came around… Welcome, it’s here!”

4. Disloyal Order of Water Buffaloes “Nobody wants to hear you sing about tragedies!” nyanyi Patrick Stump di lagu ini. Yup, kalau mau sing along lagu yang galau sekaligus catchy, ya tinggal putar yang satu ini! Di wawancara bersama NME, Pete Wentz menjelaskan bahwa judul lagu ini diambil dari Loyal Order of Water Buffalo, yaitu nama suatu tim di series The Flintstones. Walaupun lagu ini tidak pernah dijadikan sebagai single di album Folie à Deux, sejak tahun 2016 Fall Out Boy kembali memasukkan lagu ini ke setlist konser mereka. 

5. "From Now On We’re Enemies" Sebelum Fall Out Boy hiatus di tahun 2009, mereka sempat merilis album kompilasi berjudul Believers Never Die - Greatest Hits. Nah, di dalam album tersebut terdapat empat lagu baru, salah satunya adalah “From Now On We’re Enemies”. Sepertinya, lagu ini terinspirasi dari film Amadeus (1984), di mana karakter Salieri mengatakan, “From now on we’re enemies, you and I!” Fall Out Boy memberi dua tanda petik di judul lagu ini dan memberikan kesan bahwa mereka mengutip ucapan Salieri. Yang pasti, lagunya asyik banget, deh!

6. Alone Together Say yeah! Dengan liriknya yang terdengar carefree, rasanya jadi ingin jingkrak-jingkrakan kalau dengar "Alone Together"! Kita bisa mendengar Patrick Stump meneriakkan lirik “We could stay young forever!” di sini. Bisa dibilang, "Alone Together" adalah salah satu lagu andalan di album ke-5 mereka, yaitu Save Rock and Roll. Setuju, ‘kan?

7. Centuries Setelah sukses dengan era Save Rock and Roll, pada bulan September 2014 Fall Out Boy pun kembali mengeluarkan materi baru. “Centuries” menjadi single pertama album ke-6 mereka yang berjudul American Beauty/American Psycho. Penjualannya sukses banget, bahkan mereka mendapatkan sertifikasi platinum Recording Industry Association of America (RIAA) sebanyak empat kali! “Centuries” sangat pantas menjadi salah satu lagu hit Fall Out Boy. Makna lagunya deep banget! Dengan mengambil dari cerita pertarungan antara Daud versi Goliath, lagu ini mengajak pendengarnya untuk berani menjadi berbeda dengan yang lain. 

8. HOLD ME TIGHT OR DON’T Kalau lagu yang satu ini kayaknya bakal bikin kita semua joget, deh! “HOLD ME TIGHT OR DON’T” menjadi single ketiga di album terbaru mereka, yaitu M A N I A (2018). Pembuatan lagu ini bisa dibilang random. Patrick Stump saat itu sedang iseng-iseng bereksperimen dan malah menumpuk hasilnya di atas demo-demo yang lain. Dan akhirnya, lahirlah lagu “HOLD ME TIGHT OR DON’T”. Untuk video klipnya, kali ini Fall Out Boy menghadirkan tema Dia de los Muertos, yaitu suatu hari raya di Meksiko. Keren banget, lho!

9. City In A Garden “I looove you, Chicago!” Lagu Fall Out Boy yang underrated, nih! “City In A Garden” menjadi salah satu dari tiga track yang ada di EP Lake Effect Kid, dirilis pada 2018. Di sini, Fall Out Boy ingin mengekspresikan kecintaan mereka terhadap Chicago, yaitu kampung halaman mereka. Tabuhan drum dari Andy Hurley di awal lagu terdengar riuh banget. Kece!

10. Bob Dylan https://youtu.be/DVJExMd5pRU Lagunya unik, nih! Fall Out Boy kali ini memakai nama salah satu musisi legendaris asal Amerika Serikat, yaitu Bob Dylan. Lagu ini menjadi bagian dari album kompilasi terbaru mereka, Believers Never Die (Volume Two) yang dirilis pada 2019. Sepertinya Fall Out Boy mesti atur prioritas mereka dalam merilis musik. Ternyata, “Bob Dylan” seharusnya dirilis di album American Beauty/American Psycho, tapi baru bertahun-tahun kemudian dirilis. Hal ini diungkapkan oleh Joe Trohman kepada Kerrang! Magazine. Ia mengatakan, “I remember recording it. I was like, ‘You guys are f***ing idiots for not using this song.’ I’m happy now.” (“Aku masih ingat saat merekam lagu ini. Aku bilang, Kalian bodoh banget enggak masukin lagu ini.’ Aku senang sekarang.” Yoi, bener banget, Joe! Itu dia 10 lagu Fall Out Boy yang harus masuk ke playlist kalian. Tentunya, masih banyak karya-karya dari mereka yang nggak kalah keren. Semoga Fall Out Boy makin langgeng, ya! Nah, kalau kamu mau baca berita seputar musik, silakan klik di sini. Jangan lupa simak profil musis favorit kamu juga, ya! Penulis: Eva Simorangkir

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA