Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
Teknologi Hapus Pelajaran Musik di Sekolah
  • By : admin
  • 2022-03-05

Teknologi Hapus Pelajaran Musik di Sekolah

Bicaramusik.id – Pengajaran musik bisa ditinggalkan di era akustik yang ketinggalan jaman, jika tidak mengikuti teknologi.

Terlalu banyak pendidikan musik tidak mencerminkan kenyataan tentang bagaimana kaum muda terlibat dengan musik, menurut penyelidikan dari Komisi Musik.

Dikatakan ada risiko “putus sambungan” ini berarti metode pengajaran saat ini mungkin menjadi usang. Mereka berpendapat bahwa teknologi dapat membantu menghentikan hilangnya pelajaran musik dari sekolah.

Komisi musik tersebut, dipimpin oleh tokoh-tokoh kunci dalam musik kontemporer dan dibentuk oleh Dewan Seni Inggris dan Dewan Terkait Royal Schools of Music. Mereka mengatakan bahwa teknologi berkembang dengan sangat cepat.

Dari aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat musik digital di ponsel pintar untuk ‘mengajari diri sendiri bermain gitar’ video YouTube, peluang teknologi yang ditawarkan untuk belajar, membuat dan terlibat dalam musik sangat penting.

Teknologi berbiaya rendah

“Ada bahaya terputusnya antara bagaimana orang muda menggunakan teknologi dan pendidikan musik mungkin melihat model pengajaran saat ini cepat menjadi usang. Ini bukan tentang yang satu menggantikan yang lain, tetapi tentang menyatukan yang terbaik dalam teknologi untuk bekerja bersama dan menantang pembuatan musik akustik untuk menciptakan praktik kontemporer yang lebih relevan,” jelas laporan itu.

Ia menambahkan: “Generasi pelajar musik saat ini dapat menjelajahi setiap era atau jenis musik kapan saja.

“Teknologi memungkinkan mereka untuk mengakses dan menggabungkan ‘musik’ dari budaya apa pun.”

Laporan ini menyoroti bagaimana teknologi telah memungkinkan kaum muda untuk berimprovisasi bersama, mengakses guru virtual dan saling menantang dalam ruang digital.

Ia menambahkan bahwa teknologi baru semakin menyediakan sarana yang dapat diakses dan murah untuk membuat dan berbagi musik, dan itu harus menjadi papan utama pendidikan musik. Menurutnya aksesibilitas dan kesegeraan teknologi seperti itu berarti orang muda dapat memiliki pendekatan yang lebih lancar, dengan hambatan lama antara berbagai jenis musik yang mogok.

Laporan itu juga mengatakan bahwa fokus pendidikan musik harus memastikan setiap anak didukung untuk membawa musik lebih jauh.

Sebuah laporan oleh Musisi Union tahun lalu menyatakan bahwa anak-anak yang lebih miskin diberi harga karena tidak belajar alat musik.

Anak-anak di rumah tangga berpendapatan rendah setengah cenderung mengambil pelajaran musik, katanya.

Ketua komisi, Sir Nicholas Kenyon, yang merupakan direktur pelaksana Barbican, mengakui ada sejumlah tekanan pada sekolah untuk memenuhi target akademik.

“Orang-orang dari segala usia sekarang belajar dan menikmati berbagai musik yang sangat beragam dalam banyak hal – di rumah, di ruang kelas, di komunitas dan online. Namun, kami khawatir bahwa terlalu banyak pendidikan musik tidak mencerminkan kenyataan tentang bagaimana kaum muda terlibat dengan musik,” tutupnya.

https://youtu.be/XcfkwIH3HBY

Banner 300x600

RELATED artikel

RELATED artikel