Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
Tidak Perlu Jadi Penyanyi! Inilah 6 Profesi yang Bisa Ditekuni di Industri Musik Selain Main Band
  • By : admin
  • 2022-06-18

Tidak Perlu Jadi Penyanyi! Inilah 6 Profesi yang Bisa Ditekuni di Industri Musik Selain Main Band

Bicaramusik.id - Bicara soal karier di musik bukan melulu soal berkoar dan gonjrang-gonjreng di atas panggung. Mereka mungkin yang bisa dibilang paling keren dan yang paling menjadi acuan para muda mudi (setidaknya sampai dekade kemarin) untuk punya cita-cita di bidang ini, namun mereka tidak akan bisa sekeren itu tanpa para penunjang di belakang.

Leon Legoh (dikenal sebagai drummer Koil) sempat membahas soal ini dalam tulisan berjudul "Berkarir di Dunia Musik". "Jadi  memang dunia musik ini adalah dunia yang sangat luas dengan berbagai macam pekerjaan yang ada di dalamnya," tulisnya di sana. Lewat renungan sebelum tidurnya itu, ia menyebutkan banyak sekali bidang di samping "aktor utama" (istilahnya untuk penyanyi atau personel band). Bahkan, menurutnya "aktor utama" tersebut juga bermacam-macam. Tidak heran masa pandemi yang hampir berlalu ini sempat memukul telak industri musik dari banyak sisi.

Karena itu, Bicara Musik mencoba menjabarkan beberapa bidang karier yang mungkin dapat ditekuni selain menjadi pelaku di atas panggung jika Anda terlalu malu (atau alasan lainnya) untuk tampil namun punya ketertarikan yang besar di bidang musik.

Penata Suara

Profesi ini mungkin yang paling penting dalam penampilan langsung musisi di atas panggung. Kali ini, yang dibahas adalah live audio engineer atau sering juga disebut soundman. Mereka adalah orang yang menjaga sound di panggung agar seimbang dan dapat dinikmati.

Orang di bidang ini memiliki kemampuan khusus yang bahkan kadang tidak dimiliki oleh para musisi sendiri. Percaya atau tidak, tidak semua musisi paham soal sound musik yang mereka mainkan. Kadang musisi menggunakan istilah seperti "terlalu tajam" untuk suara treble yang terlalu tinggi atau "ngegulung" untuk sound keseluruhan yang tidak mendetail dan tugas para soundman adalah menerjemahkan bahasa "rimba" tersebut ke ranah yang lebih teknis.

Setidaknya, biasanya tim panggung band atau penyanyi solo membawa dua soundman sekaligus, satu untuk berjaga di FOH (front of housesound yang dinikmati penonton) dan satu untuk menjaga monitor agar tiap personel di atas panggung dapat mendengarkan suara apa saja yang mereka butuhkan supaya bisa bermain instrumennya masing-masing dengan maksimal.

Kru Panggung

 

Manajer

Fotografer/Videografer

Merchandiser

Fans

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA