Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
Musik: Kira-kira Apa Pengaruhnya bagi Manusia?
  • By : Bicara Musik
  • 2020-07-10

Musik: Kira-kira Apa Pengaruhnya bagi Manusia?

Bicaramusik.id – Musik dapat menjadi salah satu sumber kesenangan dan kepuasan. Faktanya, banyak pengaruh musik beserta manfaatnya bagi kita yang sering mendengarkannya. Jika kamu pernah merasa bersemangat, terbawa alunan musik, maupun tersentuh hingga meneteskan air mata, artinya kamu paham dengan kekuatan musik. Pengaruh musik, sebagai suatu bentuk seni, memiliki efek yang kuat dan beragam. Perasaan, pikiran, bahkan perilaku dapat dipengaruhi oleh musik. Adapun riset yang mengatakan bahwa selera musikmu dapat menggambarkan kepribadianmu. Selain pengaruh di atas, ternyata masih ada banyak lagi pengaruhnya lho. Berikut ulasannya!

1. Membantu Mengatasi Stres

Mendengarkan musik dapat membantu kamu dalam menangani stres. Sebuah riset pada tahun 2013 mengatakan bahwa mendengarkan musik mempengaruhi respons stres manusia. Dengan ini, musik dapat membantu memulihkan emosi, sehingga menjadi lebih baik dalam mengatasi stres.

2. Meningkatkan Daya Ingat dan Performa

Riset menunjukkan bahwa background music dapat membantu pendengarnya menjadi lebih fokus dalam pekerjaannya. Musik upbeat dapat meningkatkan kecepatan proses bekerja, sedangkan musik downbeat membantu meningkatkan daya ingat pendengarnya.

Tentunya hal ini tergantung masing-masing orang. Ada yang senang bekerja dengan musik, ada juga yang tidak mendengarkan musik sama sekali. Tetapi, jika kamu mendengarkan musik sambil bernyanyi, tentunya dapat meningkatkan daya ingatmu!

3. Menjadi Motivasi Olahraga

Mungkin kamu sering melihat orang lain berolahraga sambil mendengarkan musik. Yap, biasanya musik dengan tempo cepat dapat memotivasi para pendengarnya. Tidak hanya menjadi motivasi untuk olahraga, riset menunjukkan bahwa pendengarnya akan lebih menikmati musiknya.

Saat mendengarkan musik, perhatianmu akan teralihkan, sehingga kamu cenderung akan berolahraga lebih lama. Kamu tidak menyadari letihnya, keringatnya, kamu menikmati musiknya saja. Tidak hanya berpengaruh dalam meningkatkan kesehatan fisik, ternyata juga dengan mental. Jiwa pun senang mengikuti alunan musik.

4. Membantu untuk Tertidur

Manfaat terakhir yang akan dibahas yaitu musik dapat membantumu tertidur. Kesulitan untuk tidur adalah salah satu masalah yang sering ditemui manusia. Riset menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik yang menenangkan, atau musik klasik yang tenang, dapat membantumu tertidur. Pikiranmu akan menjadi relaks tanpa distraksi, badan menjadi ringan, dan kamu semakin siap untuk tertidur.

Itu dia beberapa pengaruh dari mendengarkan musik. Terapi musik juga sangat berdampak untuk membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik seseorang. Musik dapat menenangkan pikiran, menyalurkan energi pada tubuh, juga membantu mengatasi rasa sakit. Nah, menurutmu, apa yang paling berpengaruh saat mendengarkan musik? Bagaimana musik menggerakkanmu?

Simak artikel lainnya agar kamu tetap up-to-date dengan musik!

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA