Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
'Hotel California', Antara Pamor dan Kutukan Eagles
  • By : admin
  • 2022-05-24

'Hotel California', Antara Pamor dan Kutukan Eagles

Bicaramusik.id - Sejak diluncurkan tahun 1976, Hotel California sukses mengangkat pamor Eagles di udara. Album ke-5 Eagles ini melejit tak terbendung. Penjualannya mencapai angka 32 juta keping kopi di seluruh dunia. Bahkan oleh majalah Rolling Stone, album Hotel California berada di urutan 37 dalam 500 album terbaik sepanjang masa, dan single-nya di posisi 49 dalam kategori 500 lagu terbaik sepanjang masa.Dikutip dari Tirto.id, penulisan lagunya berawal dari Eagles yang sedang berkendara malam hari di sebuah daerah di California. Lagu ini tak ubah hanya sebuah imajinasi yang membayangkan kejadian terperangkap di dalam hotel yang dipenuhi monster dan pesta-pesta aneh yang membuatmu terkurung tak bisa lari.

Banyak yang menduga jika lagu ini interpretasi dari megahnya hidup para bintag rok masa itu, dipenuhi pesta, kemewahan, sanjungan, pamor, ketenaran, dan hilangnya masa "kepolosan". Masa "kepolosan" ini dimaksudkan sebagai suatu perubahan dari remaja yang culun, menjadi dewasa yang berani dan memesona.

Sampul albumnya mengambil gambar dari Hotel Beverly Hills yang terletak di 9641 Sunset Boulevard, California. Pengambilan foto itu dilakukan saat matahari sudah mulai tenggelam, sehingga memunculkan efek senja di langit jingga yang memayungi hotel mewah dengan atap kubah mengerucut ke atas tersebut. Efek itu senyatanya untuk menimbulkan kesan kemewahan, kesenangan yang memudar, gelap, dan tenggelam.

Tapi sungguh tak disangka, pengandaian itu malah sesungguhnya terjadi pada Eagles. Semenjak peluncuran Hotel California di udara, Eagles tidak pernah melahirkan hit yang meledak lagi. Bahkan, perlahan-lahan pamor Eagles mulai meredup dan dinyatakan bubar pada tahun 1980, empat tahun setelah Hotel California rilis.

Gonjang-ganjing lagu kutukan pun mulai terdengar oleh Eagles, tapi mereka awalnya enggan mengakui lagu ini sebagai kutukan, meskipun Eagles memang menaruh hormat jika lagu "Hotel California" mahakarya mereka yang tak pernah terulang.

Menyangkal kutukan itu, Eagles melaksanakan konser reuni pada 1994, dan tampil memukau di Rock & Roll Hall of Fame pada 1998. Sayang sungguh sayang, elang-elang tua itu tak mampu terbang tinggi lagi. Tubuh elang itu makin kacau, dipenuhi pertengkaran, pemecatan, dan dikultuskan untuk tak akan kembali lagi ke udara. Eagles sempat terlihat terbang lagi di Kennedy Center Honors tahun 2016 dan The Forum September 2018 lalu.Sumber: Berbagai Sumber
Penulis: Mozza Mahardhika

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA