Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
Al-Baqarah: 30, Garis Merah Mantra Vutura Menciptakan "Tabir"
  • By : admin
  • 2022-03-07

Al-Baqarah: 30, Garis Merah Mantra Vutura Menciptakan "Tabir"

Bicaramusik.id - Mantra Vutura tengah merilis single berjudul "Tabir" pada Jumat (4/3) lalu di bawah naungan Sun Eater. Jika sebelumnya Mantra Vutura mengundang penyanyi untuk berkolaborasi membawakan lagu mereka secarah utuh, kini band duo beraliran rok elektronik asal Jakarta tersebut, semakin mantap mengenalkan vokal utama mereka, Zakari Danubrata, di lagu ini. Tristan Julio sang kiboardis dan penyentesis juga turut andil sebagai vokal utama di sepanjang "Tabir" diputar.

Tabir bukan sembarang tabir, "Tabir" adalah sebuah pengakuan yang Tristan bawa dari surah Al-Baqarah ayat 30 sebagai garis merah penulisan "Tabir". Misinya dalam dan tajam, seperti bagaimana karya-karya Mantra Vutura lainnya, “Percakapan, Pt.1” dan “Kehendak Tuhan”, yang seakan bercakap kepada Ilahi lewat musik dan syair mereka. Diakui oleh Tristan sang penulis lagu, "Tabir" dihadirkan untuk memberi pemahaman dan pengingat umat manusia, bahwa sesungguhnya manusia dapat membuktikan harapan baik untuk kebajikan kepada seisi bumi yang dititipkan Tuhan. "Manusia tidak hanya sekedar tumpah darah namun lebih dari itu," tegas musisi bernama lengkap Tristan Julio Sumaatmadja tersebut.

Bagi Tristan "Tabir" memiliki tantangan yang sangat besar dalam penulisan liriknya. Kehati-hatian dalam menerjemahkan setiap kata di dalam surah tersebut, benar-benar diperhatikan dengan seksama dan jeli, tidak boleh sembarang. Pengolahan musiknya juga seakan digambarkan sesuai dengan makna syair yang ditulis. Birama ganjil yang disesaki dengan piano dan synthesizer, seakan menjelma menjadi sirene pengingat, "mengapa diangkat manusia pemimpin penguasa pemusnah bumi dan darah saudara" di lagu berdurasi 4 menit 37 detik ini.

Namun, ada suatu hal yang cukup mengecoh dari lagu ini. Di mana notasi lagunya pada lirik "seberapa pantas," tepat di awal lagu jelas kemiripannya dengan notasi lirik "seberapa pantas" di lagu "Seberapa Pantas" milik Sheila On7. Meski hal itu agak mengecoh, tidak menutup kenikmatan "Tabir" diputar sebagai lagu renungan.

Meski tolok ukurnya sebuah kitab, "Tabir" tidak serta merta menjadi lagu religi beraliran rok elektronik. "Sedari dulu kami ingin memosisikan Mantra Vutura sebagai entitas yang selalu membahas hubungan horizontal-vertikal antarmanusia dan seluruh maha karya ciptaan-Nya, dan bagaimana kami bisa menuangkan nilai-nilai baik beriman kepada Tuhan YME dalam lagu-lagu kami,” katanya. 

“Tabir” menjadi single pertama dari dua lagu yang Mantra Vutura rencanakan rilis di tahun ini sebelum menuju album kedua mereka pada 2023 mendatang. Tentu saja "Tabir" sudah dapat dinikmati di semua platform musik digital dan lirik videonya disaksikan di Youtube resmi, Mantra Vutura. Tanpa berpikir lama, tutuplah laman tulisan ini dan berselancarlah menikmati "Tabir" yang penuh percakapan ilhami. Tabik.

Penulis: Mozza Mahardhika

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA