Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
5 Musisi yang Mengawali Kariernya Melalui Video Cover
  • By : Bicara Musik
  • 2021-03-10

5 Musisi yang Mengawali Kariernya Melalui Video Cover

Bicaramusik.id - Internet telah memberikan dampak yang besar terhadap dunia. Bahkan, internet telah menjadi alat mengembangkan dan menyalurkan bakat untuk berkarya. Salah satunya adalah karya musik. Tidak sedikit musisi yang kini sukses, ternyata mengawali kariernya melalui video cover yang diunggah di internet. Internet justru menjadi gerbang masuk bagi mereka untuk mencapai kesuksesan lho. Berikut kami rangkum 5 Musisi yang Mengawali Kariernya Melalui Video Cover. Siapa saja ya mereka?
  1. Fathia Izzati

Fathia Izzati, atau yang lebih familiar disebut Kittendust, adalah seorang creator YouTube yang sering membuat video cover musik yang hits. Salah satu ciri khas dari Fathia Izzati adalah ia kerap mengcover lagu dengan alat musik ukulele sambil bernyanyi. Kemudian, ia upload ke akun Youtubenya pada tahun 2012. Pertama kali membuat video cover, ia tidak mendapat komentar atau respon dari penonton. Tidak hanya sekali, namun sering kali video cover Fathia tidak mendapatkan respon dari para penonton. Berkat kegigihannya, perlahan video cover Fathia mulai dikenal masyarakat. Perpaduan suara yang unik dengan ukulele yang khas, membuat tiap cover musik Fathia menjadi easy-listening.  Kini, Fathia Izzati memutuskan untuk menjadi vokalis dari band indie Reality Club bersama Mayo, Era, Patigo, Faiz, dan Iqbal. Reality Club telah sukses merilis banyak single, dengan single populernya yaitu "Is It The Answer".  

2. Shawn Mendes

Siapa yang tidak tahu musisi papan atas ini? Shawn Mendes adalah seorang penulis dan penyanyi lagu asal Kanada. Namun, siapa sangka bahwa nama Shawn Mendes dikenal melalui hal yang tidak biasa. Shawn terkenal melalui salah satu aplikasi video singkat, yaitu Vine. Berbeda dengan YouTube, durasi video unggahan di Vine hanya berdurasi enam detik saja. Shawn mulai memposting video covernya di Vine pada tahun 2013. Namanya mulai melejit setelah video cover "As Long As You Love Me" milik Justin Bieber berhasil meraih 10 ribu likes hanya dalam waktu sehari. Akun Vine dari Shawn pun kebanjiran followers hingga menjadikannya musisi ketiga dengan followers terbanyak di Vine. Setahun setelahnya, Shawn dilirik oleh manajer artis Andrew Gertler dan A&R Island Records Ziggy Chareton. Ia pun merilis single perdananya yang berjudul "Life of The Party". Shawn dinobatkan sebagai musisi termuda yang debut dalam top 25 Billboard Hot 100. Hingga saat ini, Shawn Mendes telah memperoleh banyak prestasi dan popularitas. Hanya berawal dari video cover singkat, namun kini nama Shawn Mendes begitu populer di kancah internasional. Wah, keren banget ya!  

3. Rendy Pandugo

Rendy Pandugo mengawali kariernya melalui sebuah platform, yaitu SoundCloud. Kegigihannya dalam mengupload music cover membuat namanya mulai dikenal masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa Rendy adalah "John Mayer Indonesia", akibat suara dan petikan gitarnya yang memiliki kemiripan dengan sosok John Mayer. Talenta berbakat dari Rendy Pandugo membuat musisi sekaligus produser, Piyu mulai melirik Rendy. Piyu pun segera mengontak Rendy untuk diajak bekerja sama dalam sebuah proyek miliknya. Pada tahun 2016, Rendy merilis lagu perdananya dengan mengaransemen lagu hits dari Sheila On 7 yang berjudul "Sebuah Kisah Klasik" . Saat itu, Rendy telah digandeng label musik Sony Music Entertainment Indonesia. Hingga kini, pada tahun 2021, Rendy Pandugo telah merilis banyak lagu-lagu populer, seperti "By My Side" dan "Hampir Sempurna".  

4.  5 Seconds of Summer

Grup musik pelantun lagu "She Looks So Perfect" ini juga mengawali kariernya melalui video cover. Mereka menggunakan platform Youtube untuk menyalurkan bakat dan skillnya. Pada awalnya, ketiga personil 5 Seconds of Summer hanya iseng mengunggah video cover lagu "Next to You" milik Chris Brown dan Justin Bieber. Namun, video cover iseng tersebut ternyata berhasil menarik perhatian ribuan penonton. Bakat mereka pun mulai dilirik pihak label raksasa dunia, Sony. Nama mereka pun semakin terkenal. Kepopuleran mereka semakin meningkat ketika salah satu personil One Direction, yaitu Louis Tomlinson membuat sebuah tweet yang menautkan video youtube dari 5 Seconds of Summer. Kini, nama 5 Seconds of Summer sudah dikenal oleh dunia dengan lagu-lagu hitsnya yang 'tidak pernah mati'.  

5. GAC

Siapa sangka, grup vokal yang terkenal dengan nama GAC ini, ternyata mengawali kariernya melalui video cover di Youtube. GAC yang memiliki kepanjangan dari Gamaliel, Audrey, dan Cantika, memang sudah rutin mengupload video cover sejak 2008. Pada awalnya, adik-kakak Gamaliel Tapiheru dan Audrey Tapiheru sering mengcover lagu di channel YouTube mereka. Sedangkan, Cantika juga sering mengcover lagu di channel YouTube pribadinya. Dalam video cover Gamal-Audrey, Audrey lah yang benyanyi, sementara Gamal mengiring lagu dengan gitar. Sementara itu setahun kemudian, Cantika tak sengaja melihat video cover duo Gamal-Audrey. Ia pun merasa tertarik untuk bergabung dengan keduanya dan meminta manajemen-nya untuk menghubungi Gamal-Audrey. Pada tahun 2009, mereka terbentuk sebagai trio vokal. Kemudian, mereka kembali viral setelah video cover lagu "Mirror" di Youtubenya, sempat diputar dalam video nominasi Grammy Awards 2014. Kini, karier trio ini meroket drastis dan sukses mencetak lagu lagu hits, seperti "Bahagia", "Galih & Ratna", "Berlari tanpa Kaki", dan masih banyak lagi lagu-lagu hits lainnya. Nah, gimana nih 5 musisi yang mengawali kariernya melalui video cover di atas? Inspiratif banget ya! Hal tersebut mengajarkan kita bahwa kesuksesan bisa dimulai dari hal-hal yang kecil, asal ada usaha dan niat. Buat kalian yang nggak mau ketinggalan info musik lainnya, yuk kunjungi website kami!  
Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA