Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
5 Fakta Menarik Tentang Festival Musik Amerika, SXSW
  • By : Bicara Musik
  • 2020-04-08

5 Fakta Menarik Tentang Festival Musik Amerika, SXSW

SXSW atau yang biasa disebut South by Southwest merupakan festival musik, film, serta teknologi industri interaktif yang digelar tiap tahunnya di Austin, Texas, Amerika Serikat.

https://www.instagram.com/p/B92QlVSlzSR/

Dilansir dari website resmi SXSW, festival musik ini dibuat untuk menjaring segala genre musik sehingga pengunjung dapat menikmati keanekaragaman gaya musik dari berbagai daerah. Sayangnya pada tahun ini, SXSW terpaksa batal karena adanya pandemi C0vid-19. Nah, berikut adalah fakta-fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang SXSW.

1.Telah ada sejak tahun 1987

Digagas oleh Roland Swenson, Louis Jay Meyers, Louis Black, dan Nick Barbaro, festival musik terbesar ini ternyata sudah ada sejak tahun 1987 yang rutin diadakan di Austin, Texas khususnya pada bulan Maret tiap tahunnya.

2.Terbuka lebar bagi semua musisi

Di samping keberagaman genre musik yang ada, festival musik SXSW merupakan gerbang bagi ribuan musisi di seluruh dunia. Baik musisi pendatang baru maupun bukan, selama memenuhi kriteria yang ditentukan oleh pihak SXSW, maka semua dapat menjajaki panggung festival musik terbesar ini.

3.Bukan hanya festival musik

Selain festival musik, pada tahun 1994 acara ini berkembang dengan adanya festival yang menayangkan berbagai ragam film dengan kualitas tinggi, serta baru-baru ini juga ada festival komedi yang menyajikan beragam program unik yang menyoroti bakat luar biasa dari para penampilnya.

4.Berperan penting dalam ekonomi Austin

Disebutkan dalam laporan Greyhill Advisors, SXSW dikenal sebagai acara paling menguntungkan bagi kota Austin. Tahun 2019, SXSW menghasilkan pendapatan sebanyak $ 355,9 juta dan jumlah tersebut merupakan peningkatan sebanyak 1,5 persen dari tahun 2018.

5.Artis Indonesia turut berpartisipasi

Tidak hanya musisi dari belahan Amerika dan Eropa, namun Asia juga turut berpartisipasi, khususnya musisi Indonesia yang tidak kalah antusias dari musisi belahan dunia lainnya. Beberapa dari mereka antara lain adalah White Shoes & The Couples Company, The S.I.G.I.T, Shaggydog, serta Lightcraft. Sayangnya, pada tahun 2020 ini, Reality Club dan Grrrl Gang batal untuk tampil di ajang festival SXSW karena pandemi Covid-19. Wah, semoga pandemi ini cepat berakhir, ya!

Itulah kelima fakta menarik terkait festival musik SXSW. Sayang sekali acara bergengsi ini terpaksa batal untuk gelaran tahun ini. Semoga para musisi Indonesia dapat kembali tampil di tahun berikutnya.

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA